Apa Itu Minat

Minat Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia  (KBBI), artinya kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu, bisa juga diartikan sebagai

Minat Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia  (KBBI), artinya kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu, bisa juga diartikan sebagai gairah atau keinginan. Bahas Inggris, minat sering digambarkan dengan kata “interets” atau “passion””. Interest, bermakna suatu perasaan ingin memperhatikan dan penasaran akan sesuatu hal. Passion, bermakna minat yang kuat atau gairah atau perasaan yang kuat atau antusiasme terhadap objek.

Minat merupakan ketertarikan akan sesuatu yang berasal dari dorongan dalam hati atau bakat, dorongan dalam diri sendiri bukan karena paksaan orang lain. Minat yang di miliki seseorang adalah hasil dari proses pemikirian, perasaan (emosi), dan pembelajaran, sehingga menimbulkan suatu keinginan untuk lebih menguasai objek atau kegiatan tertentu.

Minat anak akan terlihat pada usia pra sekolah sampai dengan usia sekolah. Pada usia prasekolah anak mulai mengeksplorasi hal-hal baru disekitarnya dan memiliki inisiatif untuk mempelajari hal baru tersebut. Sedangkan pada usia sekolah, anak telah berfokus pada penyelesaian tugas sekolah (PR). Terkadang hal ini juga akan membangun ketertarikan anak pada suatu objek atau tugas yang diselesaikannya.

DATANGNYA MINAT

Minat bisa lahir dari dalam diri si anak dan juga karena pengaruh lingkungan.

1. Minat yang lahir karena dorongan dari dalam diri si anak. Dorongan ini dipengaruhi dari bakat alami yang telah diberikan Allah (given) kepada anak. Biasanya minat yang tumbuh dari dalam diri anak, sulit baginya menjelaskan mengapa ia menyukai sesuatu. “kenapa ya? yaa. suka aja, demikian jawabnya jika ditanya. Minat ini kadang juga disebut Minat “bawaan lahir”, minat karena adanya dorongan dari bawaan bakat alami si anak.

2. Minat yang lahir karena pengaruh lingkungan. Lingkungan keluarga, dorongan dari orang tua, tempat tinggal atau teman sepermainan. Misalnya seorang anak yang minat berjualan (berdagang), karena ia lahir di lingkungan pedagang, ayah ibunya pedagang, dan tinggalnya dekat dari pasar (pajak). Oleh karena itu diperlukan Tes Bakat untuk mengetahui apakah ia memiliki bakat alami (genetik) berdagang atau tidak. Jika dari hasil tes bakat anak memiliki bakat dagang, maka minat anak bisa diteruskan.

Minat anak yang terbaik adalah jika berasal dari Bakat Alaminya anak. Sebab ini akan menjadikan anak lebih mampu untuk konsisten dalam melakukannya. Lebih senang tanpa ada beban.  Jika anda ingin mengetahui minat sejati anak anda maka lakukanlah Tes Bakat dengan menggunakan Fingerprint Tes STIFIn.

Pin It

Leave a Comment