Intisari Aplikasi 5 Mesin Kecerdasan STIFIn

STIFIn ini sangat aplikatif dan bisa di implementasikan dalam semua bidang. Ambil contoh manfaat Tes STIFIn ini berkaitan dengan pendidikan. Kalau kita punya anak, anak kita ini mau di sekolahin. Maka yang pertama kali kita harus memutuskan anak ini mau di sekolahkan di sekolah umum, sekolah alam, ataupun di sekolah khusus.

SEKOLAH

Maka kalau menggunakan kerangka STIFIn menjadi lebih mudah. Kalau dia Mesin Kecerdasannya Insting, yang serba bisa, generalis, yang berpikirnya holistik, berpikirnya komprehensif, masukkan di sekolah umum saja. Karena memang semua yang dipelajari itu akan bisa di terima dengan baik karena dia seorang yang generalis, cara berfikirnya deduktif yang dimulai dari pangkal dulu.

Sedangkan kalau yang lainnya diluar Insting. Terutama mereka yang Mesin Kecerdasannya sebelah kanan yaitu orang Feeling dan Intuiting, dia ada di sekolah alam lebih bagus, karena dia memerlukan ruangan kelas yang justru tidak ada batasnya, merupakan hamparan, sehingga dia bisa langsung berinteraksi dengan sesuatu yang tanpa batas berada diluar, dan itu adalah cara berfikir cara kanan, maka Mesin Kecerdasan Intuiting dan Feeling bagus kalau dia masuk disekolah alam. Karena alamlah tempat dia belajar.

Sementara untuk orang yang Mesin Kecerdasannya berada di Kiri, yaitu Sensing dan Thinking, ketika ia masuk di sekolah khusus, sekolah unggulan itu akan lebih bagus. Karena dia, orang Sensing kuat dengan memorinya dan orang Thinking memang dia senang membaca, kedua duanya ketika di berikan PR yang banyak, ditantang untuk juara kelas, maka memang makanan mereka sehari-hari. Ini sebagai contoh.

PROFESI

Demikian juga ketika kita berbicara tentang pemilihan profesi. Ada jenis orang yang memang profesinya bagus memilih sebuah profesi tertentu yang memerlukan kedalaman, cocok untuk Mesin Kecerdasan Thinking introvert. Personality genetiknya Thinking introvert karena ia seorang pakar, seorang expert, dia bisa sangat mendalam menguasai sesuatu. Mengapa kalau menjadi engineering, konstruksi, riset yang begitu mendalam bahkan menjadi  dokter bedah yang sangat spesialis, ini sangat cocok untuk Mesin Kecerdasan Thinking dan Sensing. Pendek kata profesipun menjadi lebih mudah di tata, dikelola dan dicapai, diraih ketika kita mengenali STIFIn.

Mesin Kecerdasan Sensing berdagang bagus sebetulnya untuk dia, karena dia jenis orang yang menggunakan ototnya, keringatnya, kerajinannya, keuletannya, daya jelajahnya yang luas, untuk mempermudah dia menghidupkan networkingnya menjadi jaringan perdagangannya. Dia membeli dengan modal tertentu, menjual dengan untung yang sedikit, yang penting volumenya banyak.

Mesin Kecerdasan Intuiting, perdagangan mungkin kurang menarik, dia lebih senang dengan jenis usaha. enterprise yang jauh lebih besar, dia berbicara mengenai margin, value, dia seperti butik. Maka kalau ia pergi ketanah abang, barang dari tanah abang itu musti di upgrade terlebih dahulu, diberi nilai tambah dulu baru kemudian masuk ke butiknya dia. Itulah cara kerjanya orang Intuiting. Orang Intuiting akan perduli dengan margin, dia memilih segala sesuatu yang ada kelasnya.

Orang yang Mesin Kecerdasan Thinking bagus di dunia manufacturing. Orang yang Mesin Kecerdasan Feeling bagus memilih profesi yang selalu berkaitan dengan orang, dia berada dipersonalia, humas, marketing, bahkan politisi karena dia punya bakat sebagai seorang pemimpin. Orang yang Mesin Kecerdasannya Insting, dia adalah jenis orang yang kemampuan berkorbannya, charitynya, tolong menolongnya kuat, mengapa dia sangat cocok menjadi aktifis. Dia bersedia keberadaan dirinya itu berguna bagi orang lain, merupakan peranannya dia, rule nya dia, merasa eksistensinya kepake kalau justru dia merasa digunakan, terpake oleh orang lain.

MENGENAL DIRI

Jadi, mengenali diri sendiri menggunakan sudut pandang STIFIn ini sungguh-sungguh akan membuat amat sangat simple. Mengapa kemudian Sayidina Ali mengatakan :

“Memang sangat sukar orang untuk mengetahui jati dirinya, tapi begitu dia tahu tentang jati dirinya, ada tiga hal yang didapat , yaitu dia akan mengenal Allah, dia akan dirahmati Allah, perjalanannya diberkahi Allah, dan dia pasti survive, dia tidak akan binasa” kata Sayidina Ali.

Mengetahui tentang siapa diri anda sesungguhnya itu adalah merupakan kewajiban, supaya anda tahu bagaimana caranya bersyukur kepada Allah dan mengetahui kelemahannya kita jadi tahu bagaimana caranya bersabar dengan Allah.

Menggunakan ilmu yang benar ketika bersyukur dan bersabar itu merupakan ilmu yang baik. Dan STIFIn bisa menjadi salah satu referensi anda untuk bisa menggunakan ilmu yang tepat sehingga bisa tahu caranya bersyukur dan bersabar.

HUMAN RESOURCE

Berkaitan dengan birokrasi, anda tahu bagaimana cara merekrut orang, orang yang seperti apa yang dipilih. Sekarang orang berbicara menggunakan ijazah, kemudian menggunakan pengalaman kerja, kemudian menggunakan tes-tes yang sekarang ada. Tetapi, siapa yang cocok untuk posisi ini, siapa yang cocok di posisi ini, saya kira STIFIn bisa membarikan masukan yang sangat telak dalam proses rekruitmen, proses placement, proses retensi, proses imbal jasa, proses bagaimana menata karir mereka, proses bagaimana mempersiapkan orang akhirnya menjadi pemimpin, lewat jalur mana, dengan cara mana. Kalau kita tahu mengenai jenis Kecerdasannya akan menjadi lebih mudah.

Misalkan contoh dalam dunia karir.

Peluang untuk menjadi CEO memang lebih banyak ada pada orang yang Mesin Kecerdasan Thingking, tapi semua tipe yang lain boleh. Sama juga peluang untuk menjadi pengusaha, lebih bagus orang yang Mesin Kecerdasan Intuiting. Tapi semua orang boleh. Jadi politisi paling berpeluang adalah Mesin Kecerdasan Feeling, tapi semua boleh. Demikian juga bidang yang lain.

CEO paling bagus orang Thingking, tapi orang Sensing juga boleh, yaitu dengan kerajinannya dia, ke detailannya dia, kemampuan dia untuk bergerak kesana kemari mengeluarkan keringat untuk tidak lelah menghubungi ini, mengkontak ini, mempersiapkan ini, memastikan ini, memanage ini, itu adalah bagian dari cara orang Sensing untuk menjadi seorang Retail Leader, seorang pemimpin retail, detail, sehingga kemudian tidak ada area, wilayah yang kosong yang dia tidak pastikan. Bisa orang Sensing jadi CEO, tapi harus menggunakan caranya yang sesuai dengan Mesin Kecerdasan nya. Demikian juga dengan Mesin Kecerdasan yang lain.

POLITIK

Jadi ini adalah sebuah konsep yang memang sangat anda perlukan. Sebuah Tes yang memang sangat anda perlukan. Ambil contoh di bidang Politik, seorang Jokowi berhasil, diantaranya, salah satu faktornya karena wakilnya Ahok. Jokowi orang Thinking, Ahok orang Sensing. Sensing dalam Teori Hubungan Segi Lima STIFIn atau Teori Sirkulasi STIFIn (lihat Gambar), orang Sensing mendukung Thinking. Sehingga Ahok menemukan jati dirinya, karena dia memberi, mengabdi, mendukung orang Thinking, Thinking menjadi besar. Nah satu kesatuan ini bersinergi dengan cara yang baik. Sehingga kemudian tanpa sadar masyarakat memilih sebuah paket yang duduknya sudah betul.

Nah, ini terjadi bukan saja pada bidang politik, demikian juga di birokrasi, bisnis. Anda mau cari tangan kanan yang seperti apa? Nah, belajarlah hubungan Segi Lima STIFIn ini.

MEMILIH JODOH

Bahkan dalam urusan rumah tangga. Bagi anda yang belum berumah tangga, bagaimana caranya memilih pasangan yang baik, ikutlah hubungan segi lima STIFIn ini. Karena anda bisa mencari pasangan : mendapatkan cinta yang tinggi tetapi konfliktik, atau ada caranya mendapatkan rasa hubungan sayang yang tingggi tetapi tidak konfliktik. Jadi tinggal di pilih mau pakai konsep yang mana, yang anda mau pakai. Mau makan cinta, hiduplah dengan orang Feeling. atau Mau harmonis, atau mau banyak dinamikanya di dalam hubungan itu, anda tinggal pilih mau yang mana.

PASANGAN SUAMI ISTRI

Nah, termasuk di dalam STIFIn Couple (Pasutri), kita bisa membantu bagi suami istri yang sudah terlanjur hubungannya kurang pas, maka bagaimana cara mengatasinya ikut kepada bagaimana Mesin Kecerdasan nya.

Demikian juga dengan Parenting, ibu dengan ayah bagaimana mendevelop anaknya, membimbing anaknya, menggembleng anaknya supaya sesuai, maka STIFIn adalah cara yang paling baik untuk bisa membesarkan anaknya. Adakalanya anak tertentu bagus di support oleh ayahnya. Adakalanya anak tertentu bagus di support oleh ibunya. Maka STIFIn bisa ikut membantu di dalam menyelesaikan masalah ini.

Kesimpulan

Terakhir adalah, dari apa yang telah di uraikan ini. Karena manfaatnya sangat besar. Era kedepan ini akan menjadi Eranya STIFIn. Paradigma masyarakat ke depan akan ditentukan oleh adanya kontribusi besar dari Konsep STIFIn ini. Maka saya menghimbau anda Jangan Ketinggalan Zaman, Era STIFIn sudah mulai terbuka dan sudah mulai digunakan, dibincangkan, dipake, dirujuk oleh banyak orang, maka saya menghimbau untuk anda segera Tes STIFIn. Dan bacalah berbagai buku buku yang berhubungan dengan Konsep STIFIn.

Pin It

Leave a Comment