Menekuni Profesi atau Pekerjaan ?

Bro, cariin pekerjaan donk. ?
Pekerjaan ada, tapi gak da duitnya, mau ?
Ya..gak lah..,
Nah loh, tapi cari pekerjaan ?

Ada lagi kasus..
Kerja disini enak, gaji tinggi dan fasilitas lengkap.
Tapi aku ngerasa seperti ada yang kurang.

Nah..apa sebenarnya perbedaan antara Pekerjaan dan Profesi ?

Profesi menurut STIFIn, jika di dalamnya ada 3 hal berikut :
1. Profesi merupakan Pilihan Peran
2. Profesi menjadi Penggilan Hidup
3. Profesi pastinya Mendapatkan penghasilan.

Jadi jika anda fokusnya untuk mendapatkan penghasilan, bisa dikatakan anda sedang menekuni Pekerjaan bukan Profesi. Karena Profesi berada di level atas dari pekerjaan. Mereka yang menekuni Profesi pastilah menekuni Pekerjaannya. Tapi yang bekerja belum tentu menekuni Profesinya.

Apa pekerjaan anda dan apa profesi anda ? Pertanyaan ini layak untuk dijawab, karena keduanya sangatlah berbeda.

Untuk mengetahuinya anda bisa baca tulisan dari Rekaman On Air Menekuni Profesi Atau Pekerjaan


Mengatasi Psikosomatis Dengan Konsep STIFIn

oleh : Agung Purnomo

Definisi Penyakit Psikosomatis adalah penyakit yang disebabkan. “Penyakit yang seratus persen dibikin sendiri, akibat selalu BERPIKIR NEGATIF!”. Psikomatis sendiri adalah penyakit gangguan kejiwaan yang menyebabkan beberapa fungsi organ utama tubuhnya terganggu dan menderita sakit. Dalam kaidah Umum penyakit ini sembuh bila kita melakukan Self Healing atau dengan cara meningkatkan Sisi Spiritual

Bagaimana Kaidah STIFIn menangani psikomatis ini?

Mesin Kecerdasan SENSING

Tingkatkan frekuensi ibadah, untuk mengurangi ketakutan akan berkurangnya harta.

“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyu’, (yaitu) orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Tuhannya dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya”. (Al-Baqarah: 45-46)

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu dan bersyukurlah kepadaKu dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)Ku. Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah swt senantiasa bersama dengan orang-orang yang sabar“. (Al-Baqarah: 152-153).

Mesin Kecerdasan THINKING

Buang kesombongan yang menjadi penyebab kekhawatiran tahta terenggut oleh orang lain. Perbanyak lakukan Introspeksi diri dan bertaubat.

”Wahai anak Adam, sesungguhnya jika engkau menyeru dan mengharap pada-Ku, maka pasti Aku ampuni dosa-dosamu tanpa Aku pedulikan. Wahai anak Adam, seandainya dosamu membumbung tinggi hingga ke langit, tentu akan Aku ampuni, tanpa Aku pedulikan. Wahai anak Adam, seandainya seandainya engkau mendatangi-Ku dengan dosa sepenuh bumi dalam keadaan tidak berbuat syirik sedikit pun pada-Ku, tentu Aku akan mendatangi-Mu dengan ampunan sepenuh bumi pula.” (HR. Tirmidzi no. 3540. Abu Isa mengatakan bahwa hadits ini ghorib. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya).” (QS. At Tahrim: 8)

Mesin Kecerdasan INTUITING

Buang Egoisme diri yang menjadi tinggi hati dan merasa karena ide2 brilian yg dibuat dan menjadi cemas ide2nya diambil orang. Perbanyak puasa Daud.

“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Az Zumar: 53).

Nabi Muhammad SAW bersabda “Tidak ada puasa yang lebih utama dari puasa Dawud, yaitu puasa setengah tahun, yakni, puasa sehari dan berbuka sehari.” [Shahih Muslim, 1971]

Mesin Kecerdasan FEELING

Perbaiki kualitas keimanan kepada Allah agar tdak merasakan kesedihan berlebihan sehingga muncul rasa ingin dikasihani oleh orang lain. Buang kebiasaan menyalahkan orang lain. Sebaliknya, berbagi sebanyak banyaknya agar mendapatkan ketenangan jiwa. Perbanyak Dzikir.

“Dari Ali bin Abi Thalib, ia berkata: Rasulullah SAW. bersabda: “Sebaik-baik pengobatan adalah (dengan) Al-Qur’an.” (H. R. Ibnu Majah).

Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram.” (QS.Ar Ra’d : 28)

Mesin Kecerdasan INSTING

Tingkatkan keimanan, perbanyak bersyukur agar hati damai. Bersegeralah bersahabat dengan orang-orang Sholeh/sholehah.

“Hai manusia!Telah datang nasihat dari Tuhanmu sekaligus sebagai obat bagi hati yang sakit ,petunjuk serta rahmat bagi yang beriman.” (QS.Yuunus : 57)

Semoga bermanfaat


Tips Menderaskan Arus Rezeki

by @alif_ABATA
Inspirator Kaya DuniaAkhirat

Semua orang pasti mau rezekinya lancar. Namun kenyataannya cukup banyak orang yang arus rezekinya tidak sederas yang diharapkan. Maka pada kesempatan ini izinkan saya share tentang pemahaman dan pengalaman saya tentang MENDERASKAN ARUS REZEKI.

Yang saya maksud dengan Menderaskan Arus Rezeki adalah ikhtiyar kita agar rezeki senantiasa lancar serta mencukupi kebutuhan hidup bahkan berlebih dan terus meningkat agar kita dapat memberikan manfaat yang besar kepada lebih banyak orang.

Bagaimana cara agar arus rezeki menjadi deras?

Yang pertama adalah dengan memiliki Markas Energi. Yang kedua adalah dengan menyelaraskan profesi sesuai dengan potensi genetik terbaik yang telah diberikan sejak lahir. Dan yang terakhir adalah memiliki Energi Langit yaitu senantiasa berusaha dekat dengan Sang Maha Pemberi Rezeki.

A. MARKAS ENERGI

Kita harus memiliki markas energi sebagai sumber datangnya energi dalam mencari rezeki yang berkah dari Allah SWT.

Markas energi ada 3,

  1. RUMAH

Ya rumah…tempat dimana Anda tinggal beserta semua anggota keluarga. Rumah harus memberi energi untuk pencari nafkah utama dalam keluarga, atmosfer dalam rumah harus dibuat menyenangkan dan dibuat selaras dengan diri sang penanggung jawab rezeki di rumah, dalam hal ini Mesin Kecerdasannya.

Suasana rumah orang Sensing sebaiknya punya kegiatan yang terjadwal secara disiplin, serta punya jadwal jalan2 bersenang2 bersama keluarga.

Rumah Thinking yang dibuat penuh aturan dengan reward dan punishment. Jangan lupa buat jadwal rekreasi ke alam bersama keluarga.

Rumah intuiting yang unik dan senantiasa dibuat berubah dari waktu ke waktu. Untuk Intuiting perlu dijadwalkan nonton film bersama suami/istri atau sekalian sama anak2.

Rumah Feeling yang sering menerima tamu bahkan menginap di rumah. Perlu ada jadwal periodik ngobrol santai atau curhat bersama keluarga.

Rumah insting yang jadi tempat meeting dr kegiatan2 sosial baik di lingkungan RT maupun organisasinya. Buat jadwal shilaturrahim ke teman2 atau ke pengajian akbar.

Rumah dan keluarga adalah salah satu yang terpenting untuk memberikan energi besar dalam mencari rezeki. Jika si penanggung jawab rumah tangga belum mengetahui apa Mesin Kecerdasannya, bisa melakukan Tes STIFIn untuk mengenal Mesin Kecerdasannya.

2. KOMUNITAS

Markas energi yang kedua adalah komunitas. Dalam buku ‘ON’ dari Pak Jamil Azzaini, komunitas yang terbaik adalah memenuhi 3-tif, yaitu Komunitas Positif, Produktif, dan Kontributif.

Jangan asal kumpul-kumpul ngobrol yang gak jelas tujuannya. Pastikan komunitas itu memberi energi positif, ada sesuatu yang dihasilkan, dan saling mendukung memberi kontribusi antar anggotanya.

3. SAHABAT

Sahabat yang saya maksud adalah bukan hanya sahabat dekat tempat curhat atau teman berbagi inspirasi dan solusi dari berbagai tantangan hidup kita, tapi juga termasuk orang-orang yang bisa mempunyai peran sebagai mentor, coach, ataupun guru yang senantiasa memberi motivasi dan nasihat-nasihat kebaikan.

B. PROFESI

Hal yang kedua dalam menderaskan arus rezeki adalah berusaha mencari PROFESI yang paling sesuai dengan MESIN KECERDASAN dalam mencari rezeki, serta MENJALANI PROFESI tersebut dengan GAYA yang juga SELARAS dengan kehebatan Mesin Kecerdasan. Profesi dalam konsep STIFIn bukan sekadar pekerjaan, melainkan sebuah pilihan PERAN yang merupakan PANGGILAN JIWA dan sekaligus menjadi SUMBER PENGHASILAN.

Ketika profesi serta gaya menjalani profesi sesuai dengan Mesin Kecerdasan Insyaa Allah akan memberikan KENYAMANAN yang sangat, sehingga bekerjanya seseorang yang dilakukan dengan nyaman dan menyenangkan, Insyaa Allah akan melahirkan PRESTASI yang mengagumkan. Prestasi yang besar insyaa Allah tentunya akan diikuti dengan REZEKI yang besar pula serta mengalir deras insyaa Allah.

Sedikit berbagi pengalaman, beberapa bisnis saya pernah bangkrut. Setelah Tes STIFIn saya melihat ke belakang dan saya renungkan bahwa ternyata semua bisnis saya yang bangkrut itu ternyata kurang pas buat karakter Sensing.

Jadi…andai masih mungkin, alangkah baiknya bisnis atau pekerjaan kita sesuai Mesin Kecerdasan atau minimal gaya kerja kita sesuaikan dengan Mesin Kecerdasan kita masing-masing.

3. ENERGI LANGIT (ELANG)

Hal ketiga adalah yang paling penting dalam menderaskan arus rezeki, Yaitu memiliki ‘ELANG’ alias ENERGI LANGIT dengan senantiasa mendekatkan diri kepada sang Maha Pemberi Rezeki.
Sebagaimana orang orang yang ingin mendapat proyek berusaha dekat dengan sang pemberi proyek.

Cara mendekat kepada Allah Ar Razzaq dengan melakukan seluruh perintah dan menjauhi semua larangan-NYA. Larangan atau dosa akan menghambat derasnya arus rezeki kita. Maka perbanyaklah istighfar untuk senantiasa membersihkan kotoran penghambat aliran rezeki yang berkah dari Allah.

CERDAS MENGGALI HIKMAH

Selain itu juga senantiasa belajar mencari HIKMAH atas segala kejadian yang dibaliknya pasti ada kehendak dari Sang Maha. Semua itu adalah TANDA dari-NYA yang akan menjadi petunjuk untuk kita melangkah dalam hidup termasuk dalam mengais rezeki yang halal thayyib dan berkah.

‘ABATA’ itu artinya Ayo BAca TAnda…Tanda Qawliyah (Quran)dan Kawniyah (semesta).

Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dan Q.S. Fushshilat (41):53 adalah sebagian AYAT QURAN yang mengajarkan kita untuk membaca TANDA-TANDA dari Allah…

Belajarlah MEMBACA TANDA-TANDA KEHIDUPAN dalam semesta agar hidup ini termasuk langkah2 dalam mencari rezeki selalu berada dalam bimbingan Allah SwT.

Semakin dekat kepada Allah, maka Ridha Allah akan semakin melimpah meliputi seluruh rezeki yang akan kita terima dari Allah SwT.

Wallahu a’lam.


Pertanyaan :

Pak saya kewalahan menangani anak saya yang Intuiting introvert, usia 5 tahun anak laki laki. Sungguh menguras energiku pak. Aturan cuman sehari doank ditaati begitupun dengan hukuman yang aku berikan hanya diingat satu hari doank.

Dia super duper aktif, kalo lagi dilarang main diluar kalo lagi terik atau hujan maka di dalam rumah dia nggak pernah diam, usil terus. Trus perbendaharaan katanya mulai ada kata kata tidak sopan. Mulai suka menendang pintu, kakaknya atau bahkan saya sendiri biasa kadang kena tendang juga.

Terapi apa yang harus saya lakukan pak. Tambahan lagi dia mudah bosan dengan mainannya. Kalau lagi mengingingkan sesuatu ngotot banget, tapi masih bisa nego. Dia selalu bilang “aqu minta maaf ummi” tapi besoknya diulang lagi kesalahannya

Dia suka sekali nonton robotik, mainannya juga serba robot. Apa karena ini yah dia menjadi usil? Dia suka sekali bermain diluar rumah, naik sepeda dan bahkan kejar kejaran dengan temannya.

Salahkah jika saya melarangnya ke masjid karena setelah ke masjid langsung lanjut main lagi? Atau gimana solusinya ? Dia suka sekali ke masjid. Kebetulan rumah kami sangat dekat dengan masjid. Jadi kalau dia dengar adzan langsung segera ambil wudhu dan langsung lari ke masjid.

Mohon solusinya pak . Terima kasih sebelumnya.

Jawab :

Anak Intuiting normalnya seperti itu. Diusahakan saat menasehati memakai kalimat yang inspiratif, berbentuk cerita, syukur mengandung filosofi. Kemudian kasih juga gambaran besar tentang sesuatu di masa yang akan datang.

Kelemahan seorang ibu adalah sering emosi ketika menangani anak. Dan juga gaya bahasanya sering seperti orang Sensing yaitu memberi target, mendoktrin, menjadwal ketat dll. Pola asuh ibu-ibu di Indonesia ini terpengaruh oleh metode pendidikan Indonesia, dari SD sampe SMA yang diasah hanya otak kiri saja, otak hapalan dan otak hitungan. Hal ini tidak cocok untuk anak Intuiting yang dominan otak kanannya lebih berperan.

Maka pola kalimat ibu coba mulai diubah yaitu dengan kalimat yang inspiratif, kalimat yang indah, syukur romantis dan ada nuansa masa yang akan datang. Misal untuk menasehati dia sholat ke masjid agar tidak langsung main, maka ibu harus sering bicara ke anak sebagia berikut :

“Nak, hidup kita ini sebentar. Nanti suatu saat kita akan meninggal tetapi jiwa kita tetap hidup di akherat. Akherat itu ada surga dan neraka. Surga diperuntukkan anak yang rajin ibadah, taat pada ibu, main secukupnya, sholat di masjid habis itu langsung pulang dan amal amal lain. Di surga itu adik minta apa saja dikasih. Mau coklat, tango, susu dll, semua tersedia tidak usah beli. Sebaliknya neraka itu diperuntukkan anak yang bandel, main tidak tahu waktu, omongannya kasar, suka marah marah, suka mukul , nendang, dll perbuatan yang jelek jelek. Yang suka ngomong jelek dan kasar akan dipotong lidahnya, suka nendang akan dipukul kakinya, tidak mau dengar nasehat orang tua akan di bakar telinganya dll. Semua siksaan itu sangat pedih. Bagaimana, adik mau masuk surga ?”.

Silahkan ibu perhatikan putra ibu tersebut, mau dengar atau tidak nasehat ibu. Kalau dia diam dan mendengarkan, maka itu tandanya nasehat sudah masuk ke otaknya. Ulangilah nasehat tersebut berkali-kali dengan bahasa yang bervariasi dan momen yang berbeda. Setiap ketemu dan sedang santai, terus nasehati seperti itu. Jangan menasehati hanya ketika dia melanggar. Karena kalau pas anak melanggar, biasanya seorang ibu akan keluar kalimat bergaya Sensing (gaya kiri). Maka untuk mengimbangi kalimat-kalimat Sensing yang tidak disukai anak Intuiting (bergaya kanan), maka di saat longgar dan santai, nasehatilah dengan bahasa seperti yang saya jelaskan di atas. Kalau ibu perhatikan, contoh kalimat di atas adalah mengandung cerita tentang masa depan, inspiratif karena menceritakan tentang surga dan neraka (red : karena introvert, lebih banyaklah cerita nerakanya), juga di akhir kalimat ada tantangannya.

Ketika anak marah tidak terkendali, mukul, nendang, ngomong kasar, silahkan dicuekin saja. Biarkan dia melampiaskan kejengkelannya, ibu tidak usah komentar dan tidak usah melihat anak tersebut. Silahkan ibu menyibukkan dengan kegiatan lain. Anak Intuiting ketika marah, semakin ditegur semakin menjadi jadi.

Untuk menghemat biaya terkait mainan, bisa diganti dengan yang murah, misal mewarnai, menggambar, bongkar pasang dll. Atau belikan film yang inspiratif, misal kisah anak sholeh, kisah kisah nabi atau film imajinasi/hayalan/sci-fi, dll. Usahakan ibu juga tahu alur cerita film tersbut. Setelah selesai nonton, dia disuruh menceritakan, dan ditanya : mau tidak meniru kisah tersebut? Ibu juga harus suka membaca buku yang inspiratif, kemudian dia sering diceritakan kisah-kisah tersebut. Kalau pas liburan, silakan diajak jalan jalan ke alam bebas, sambil dijelaskan tentang keagungan ciptaan Allah SWT.

Anak Intuiting itu usil karena kreatifitasnya belum 100% tersalurkan. Silahkan saran saya tadi dilaksanakan, saya doakan anak tersebut akan bisa terkendali. Kemudian untuk sholat ke masjid jangan dilarang, tetapi dinasehati seperti yang saya contohkan tadi.

By : Sofyan Abdillah (Konselor Berbasis STIFIn)


Dalam proses bekerja cerdas, tidak semua orang cerdas dapat bekerja cerdas, kerja cerdas membutuhkan kerja keras, sebaik apa kerja cerdas terlihat dari cara merencanakan kerja.

Cara meningkatkan kerja cerdas akan lebih mudah dengan mengenali Mesin Kecerdasan kita dan memaksimalkan potensi di dalamnya. Dibawah ini perbedaan orang yang mampu bekerja cerdas dan tidak cerdas berdasarkan Mesin Kecerdasannya. Belum tahu apa Mesin Kecerdasanmu, yuk Tes STIFIn dahulu.

MESIN KECERDASAN SENSING

Orang Sensing yang Tidak cerdas cirinya : Hampa, membosankan, sakit sakitan, keterampilan dan hafalan tidak bertambah, senang yang instant, tidak setia, ingin adu fisik, tidak disiplin dan tidak bertanggung jawab.

Orang Sensing yang Cerdas cirinya : Optimis, selalu ada program, cepat tanggap, bisa dijadikan tangan kanan, senantiasa jujur, disiplin dan banyak peran.

MESIN KECERDASAN THINKING

Orang Thinking yang Tidak cerdas cirinya : Keras kepala, pandangan sempit, tidak mengkaji, mengabaikan, tidak pasti, ceroboh, tidak mau susah.

Orang Thinking yang cerdas cirinya : Terencana, fokus, penuh inisiatif, terus mencari yang penting, perhitungan, mengendalikan, membedakan fakta dan opini, teliti, rajin dan update informasi.

MESIN KECERDASAN INTUITING

Orang Intuiting yang tidak cerdas cirinya : Suka beralasan, takut konflik dan tantangan, pemimpi, kreatif picisan, memulai dengan sinis, buntu dan mengalihkan, kreatifitas kurang.

Orang Intuiting yang cerdas cirinya : Pandai bersinergi, kreatif, meneruskan ide, punya terobosan baru, fokus pada peluang, solusi yang berharga, menyelesaikan masalah dengan cara baru, ide yang berkualitas.

MESIN KECERDASAN FEELING

Orang Feeling yang tidak Cerdas cirinya : Maunya sendiri, keras hati, senang menyalahkan orang lain, menyalahkan keadaan, sulit diajak kerjasama, puaskan nafsu keinginan sesaat/syahwat, debat kusir, banyak bicara, kurang mendengar, tidak terbuka, senang kongkow, hubungan diametral (memisahkan diri).

Orang Feeling yang cerdas cirinya : Kendali diri kuat, berubah cepat, suka kerjasama, mendukung interaksi, persuasif, empati, banyak mendengar sedikit bicara, menyelesaikan inti perasaan, mengenal relasi lebih dalam, menindak lanjuti janji, siap hubungan dengan musuh, memaafkan, memberi lebih banyak.

MESIN KECERDASAN INSTING

Orang Insting yang tidak cerdas cirinya : Mematahkan, emosional, mulut tajam, bekerja menggerutu, menolak diarahkan, membiarkan, asal asalan, sendirian, cari selamat, memusuhi, mengabaikan perasaan.

Orang Insting yang cerdas cirinya : Sederhana fokus lebih besar, aktif, dan mementingkan orang lain, cepat tuntas, tidak banyak bicara, merangkul potensi yg ada, melancarkan aliran kerja, berkorban, mempermudah, memperlancar, tdk membebani, mengalir.

Berikut ini adalah kualitas orang bekerja cerdas berdasarkan levelnya.

Mesin Kecerdasan Sensing ditingkat Sensing

level I – Lalai dan menunda
Level II – Sibuk menyelesaikan soal / PR yang kemarin
Level III – Sibuk mengerjakan untuk persiapan besok
Level IV – Hari ini sangat sibuk

Mesin Kecerdasan Thinking dilintasan Thinking

Level I – Tidak tahu kalu tidak tahu (tdk mau mencari tahu)
Level II – Tidak tahu, meskipun sebenarnya tahu
Level III – Tahu kalau sebenarnya ia memang tidak tahu
Level IV – Tahu kalau dia tahu

Mesin Kecerdasan Intuiting dilintasan Intuiting

Level I – Ingkar nikmat
Level II –  Sadar nikmat yang besar, tapi syukur dibayar mencicil/bisa jadi kredit
Level III – Sadar nikmat yang besar, syukurnya dibayar kontan
Level IV – Sadar nikmat nikmat yang kecil dan senantiasa selalu bersyukur

Mesin Kecerdasan Feeling dilintasan Feeling

Level I – Mudah menyerah
Level II – Tegar atas musibah kecil
Level III – Tegar atas musibah besar
Level IV – Sanggup diuji

Mesin Kecerdasan Insting dilintasan Insting

Level I –  Diam, ketinggalan
Level II – Hadir, terlibat
Level III – Selalu diperlukan untuk terlibat
Level IV – Terlibat dan melibatkan

Itulah cara cepat mengenali kualitas cerdas diri kita sesuai dengan Mesin Kecerdasan masing masing.

Sumber ; Kuliah Online PeDeCafe Community


By : Farid Poniman – Penemu STIFIn

Jika kamu pernah sakit hati dengan seseorang, dalam hal hubungan asmara ataupun pertemanan biasa, tapi sampai saat ini masih juga menjadi luka bathin yang tersimpan rapat. Berikut Tips menyembuhkan luka-luka batin yang dialami oleh setiap Mesin Kecerdasan.

Mesin Kecerdasan Feeling

Potensi terbesar luka batin ada pada orang Feeling. Luka tersebut hanya bisa disembuhkan dengan cinta baru yang jauh lebih indah dan lebih menyejukkan.

Mesin Kecerdasan Sensing

Sensing tidak mengalami luka batin namun kejadiannya membekas kuat pada ingatannya. Perlu diyakinkan dengan serangkaian bukti yang nyata terjadi di depan mata bahwa yang bersangkutan sudah menjadi pribadi yang berubah.

Mesin Kecerdasan Thinking

Thinking sebenarnya tidak mengalami luka batin namun logikanya sudah menyimpulkan bahwa tidak ada manfaatnya menjalin hubungan dengan orang tersebut. Maka bersiaplah menyampaikan alasan dan argumentasi yang paling rasional bahwa kehadirannya sangat dibutuhkan.

Mesin Kecerdasan Intuiting

Intuiting lebih kuatir dengan berbagai prasangka buruk yang belum tentu terjadi namun seolah sudah terjadi. Sehingga orang Intuiting perlu diperkaya imajinasinya dengan indahnya cinta dan betapa nikmatnya kehidupan di masa yang akan datang.

Mesin Kecerdasan Insting

Insting sebenarnya paling easy going. Namun jika sudah terjadi luka batin, berarti orang Insting sudah trauma pada kejadian tersebut. Perlu didampingi dan dibimbing secara intensif tanpa tekanan, untuk kemudian perlahan-lahan dilatih untuk menangani sendiri traumanya sampai dia pada akhirnya tidak lagi terbebani dengan luka batinnya.


DOA UNTUK PARA PENGUSAHA MUSLIM

Akhi, Sebagai Pengusaha Muslim, selain berikhtiar dalam setiap usaha, kita juga di Wajibkan oleh Allah untuk selalu ber Doa.
Berikut ini beberapa do’a yang menurut kami sangat baik untuk diamalkan oleh para pengusaha muslim :

1. Do’a Mohon Dukungan Bisnis Dari Allah
(Tawakkal)

“Ya Allah, Yang Maha Hidup, Yang Maha Menegakkan Urusan, dengan rahmat-Mu aku meminta pertolongan, perbaikilah untukku seluruh urusanku, dan jangan Engkau serahkan aku kepada diriku walau hanya sekejap mata” (HR. An-Nasa’i, Al-Bazzar dan Al- Hakim, Hadist Shahih)

Do’a Dahsyat ini adalah do’a yang diajarkan Rasulullah SAW kepada putri tercinta beliau Fatimah az- Zahra. Beliau mengajarkan agar do’a tersebut di baca pagi (ba’da Subuh) dan sore (ba’da Maghrib).

Anda pengusaha muslim amalkanlah membaca do’a ini pagi dan sore, serahkanlah urusan kita hari itu kepada Allah, agar semua urusan kita hari itu diliputi dengan tawakkal kepada Allah.

2. Do’a Memilih Bidang Bisnis

Pengusaha muslin yang sedang galau memilih bidang bisnis amalkanlah do’a ini :

“Dengan menyebut nama Allah, Ya Tuhanku, Aku berlindung kepada-Mu dari berbuat salah atau tersesat. Dari berbuat zalim atau dizalimi. Dari berbuat kebodohan atau dibodohi.”
(Hadis Hasan Riwayat Nasa’i dan Abu Daud, disahihkan Al-Albani)

“Ya Allah, Sesungguhnya aku memohon kepada- Mu kebaikan dari pekerjaan ini dan kebaikan yang terdapat di dalamnya. Dan aku berlindung dari keburukan pekerjaan ini dan keburukan yang terdapat di dalamnya. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

3. Do’a Ketika Memulai Bisnis

Sudah memutuskan bisnis apa yang akan di jalankan, pengusaha muslim tetap harus mengawalinya dengan do’s berikut ini :

“Ya Tuhan-ku, masukkanlah Aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) Aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong. (TQS. Al-Isra’ [17]: 80)

“Ya Allah Ya Tuhanku, aku pasrahkan diriku kepada Engkau, dan aku hadapkan wajahku kepada- Mu, dan aku serahkan urusanku kepadamu, dan aku naungkan belakangku ke bawah naungan rahmatMu semata-mata kerana aku gemar dan sangat inginkan kepada keridhaanMu, dan tiadalah tempat bernaung atau tempat berserah melainkan kepada Engkau. Ya Tuhanku, aku beriman dengan Al-Quran yang Engkau turunkan dari langit dan aku beriman dengan Nabi yang Engkau bangkitkan menjadi rasul.” (Hadis sahih riwayat Imam Bukhari dan Muslim)

4. Do’a Membuat Bisnis Plan

Pengusaha muslim ketika akan memulai membuat bisnis plan, amalkanlah do’a berikut ini :

“Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).”
(TQS. Al-Kahfi [18]: 10)

5. Do’a Dimudahkan Memperoleh Modal Usaha

Modal seringkali menjadikan kendala untuk memulai usaha. Dari pada berharap pada manusia, anda sebagai pengusaha muslim bisa mengamalkan do’a ini.

“Ya Allah, cukupilah aku dengan yang halal dari- Mu jauhi dari yang Engkau haramkan dan cukupilah aku dengan karunia-Mu jauhi dari yang selain-Mu.” (HR. At- Tirmidzi)

6. Do’a Mohon Diberikan Lokasi Usaha Yang Terbaik

Lokasi bisnis seringkali membuat pengusaha muslim bingung untuk menentukannya. Serahkan keputusan tersebut kepada Allah dengan do’a berikut :

“Ya Tuhanku, tempatkanlah Aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik yang memberi tempat.” (TQS. Al-Mu’minun [23]: 29)

7. Do’a Mohon Dimudahkan Dalam Penjualan

Adakalanya pengusaha muslim mengalami kesulitan dalam penjualanan. Bermohon lah kepada Allah agar dibukakan pintu kemudahan dalam berbisnis dengan do’a berikut :

“Dengan nama Allah, ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dari kebaikan pasar ini dan kebaikan apa yang ada di dalamnya. Ya Allah, sesungguhnya aku belindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan apa yang ada di dalamnya. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari tertimpa musibah di dalamnya, berupa sumpah palsu atau akad jual-beli yang merugikan.” (HR. Al-Hakim)

8. Do’a Mohon Diberikan Brand Image Terbaik

Brand yang baik merupakan modal tersendiri bagi pengusaha muslim. Agar brand senantiasa dijaga Allah, maka bermohonlah kepadaNya.

“Ya Allah, perbaikilah untukku agamaku yang menjadi penjaga urusanku. Perbaikilah untukku duniaku yang di dalamnya kehidupanku. Perbaikilah untukku akhiratku yang di dalamnya tempat kembaliku. Jadikanlah hidup sebagai tambahan untukku dalam semua kebaikan dan jadikanlah mati sebagai istirahat untukku dari segala keburukan.” (HR. Muslim)

9. Do’a Mohon Diberikan Rezeki Melimpah dan Berkah

Pengusaha muslim mana yang tidak ingin usahanya berkah melimpah ruah. Tapi, sudahkan kita meminta keberkahan tersebut. Bacalah do’a ini.

“Ya Allah, bukakan untuk kami sebagian simpanan rahmat-Mu, jangan Engkau siksa kami setelahnya selama-lamanya di dunia dan akhirat. Dan (bukakan untuk kami) dari karunia-Mu yang luas, rezeki yang halal dan suci. Dan janganlah Engkau jadikan kami butuh setelahnya kepada siapa pun selain Engkau untuk selama-lamanya. Dengannya, Engkau tambahkan kepada kami rasa syukur kepada-Mu, rasa membutuhkan dan fakir kepada-Mu dan rasa tidak membutuhkan selain kepada-Mu dan menjaga kehormatan.” (HR. Ahmad)

10. Do’a Agar Usaha Kuat dan Tetap Eksis

Bisnis yang sehat dan kuat menjadi idaman setiap pengusaha muslim. Apalagi bisa diwariskan 7 keturunan. Mintalah kepada Allah dengan do’a berikut.

“Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada- Mu dari hilangnya nikmat-Mu, dari berubahnya kesejahteraan-Mu, dari mendadaknya siksa-Mu dan dari seluruh kemurkaan-Mu.” (HR. Muslim)

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih dan duka cita, lemah dan malas, pengecut dan kikir dan terlilit hutang serta dikuasai musuh.” (HR.Bukhari).

Semoga bermanfaat.

By : UBE (Smart Enterpreneur Coach)


PAHAMI JENIS TITIPAN

Dititipi amanah itu musti PAHAM jenis amanahnya..

Bahkan saat kita mau titip deliver barang saja, perusahaan penitipan akan tanya “isinya apa pak/bu?”

Kalau mudah pecah maka ditulis “fragile”. Dan akan di treatment dengan lebih hati-hati. Kalau titipannya makanan akan diberi tanda agar tidak tumpah. Kalau titipannya alat elektronik juga diberi tanda agar tak mudah rusak..

Nah kita orangtua dititipi amanah yang begitu besar bernama ANAK. Sudahkan kita pahami JENIS titipan Nya???

1.  Pahami JENIS KELAMINNYA.

Anak laki atau perempuan?? Helloww beda lho treatmentnya. Allah marah kalau ada yang saling menyerupai satu dengan lainnya…

2. Pahami JENIS MESIN KECERDASANNYA.

Mesin ini adanya di OTAK. Kalau tahu jenis mesinnya maka kita tahu CARA BERFIKIRNYA
Beda mesin beda treatmentnya…

3. Pahami JENIS DRIVE MOTIVASINYA.

Apakah di drive dari dalam dirinya atau dari luar dirinya?? Beda lhoo cara menanganinya…

4. Pahami Jenis KAPASITAS OTAKNYA.

Yang kapasitas memorinya besar dengan yang kecil beda lhoo jenis aplikasi yang bisa diinstall

5. Pahami JENIS GOLONGAN DARAHNYA.

Manfaatnya untuk memastikan dia anak kita atau bukan hehehe (pelajari ilmu biologi SMP, Red) Selain itu kita jadi tahu respon awal menerima stimulasinya akan seperti apa. Saat urgent membutuhkan transfusi pun kita tahu harus mencari bantuan jenis apa,..

Naaahhh… Sudah pahamkah kita dengan JENIS TITIPANNYA???

Kalau belum, hati-hati kena konsekuensi dosa karena enggan mencari ilmu.

Semoga menjadi inspirasi untuk mau meraih rejeki berupa ilmu.. Aamiin

*misshiday*
Singspirer
PU PARENTING PROGRAM
STIFIn Institute


JALUR UTAMA REZEKI MU

TERMUDAH, TERBESAR, dan TERCEPAT

by @alif_ABATA

Cukup banyak orang yang mengeluhkan rezekinya kok segini-segini aja. Gak ada perubahan signifikan tambahan rezeki yang didapatkan. Tentu yang saya maksud di sini rezeki dalam bentuk harta. Salah satu sebab kenapa rezeki tidak bertambah besar dengan cepat adalah karena orang yang bersangkutan belum tahu JALUR REZEKI terbaiknya.

Maka saya ingin sampaikan disini pentingnya berada pada JALUR UTAMA REZEKI dari setiap orang. “Allah Menghendaki yang mudah buat kalian, dan Allah tidak menginginkan kesukaran buat kalian” , ini adalah kutipan terjemah dari sebagian ayat Q.S. Al Baqarah (2) : 185. JALUR UTAMA REZEKI yang saya maksud adalah JALUR REZEKI yang TERMUDAH, TERCEPAT, dan TERBESAR.

Ada 3 hal yang perlu diperhatikan agar kita berada pada JALUR UTAMA REZEKI kita masing-masing :

Kenali Mesin Kecerdasan

Yang pertama kenali GENETIKA TERBAIK kita yang bernama MESIN KECERDASAN. Mesin kecerdasan kita dapat diketahui dengan mengenal BELAHAN OTAK DOMINAN kita, yang sekaligus menjadi KEKUATAN UTAMA yang sudah disiapkan Allah sebagai POTENSI TERBAIK untuk kita menjalani kehidupan termasuk bagaimana mencari rezeki yang halal dan thayyib.

Profesi Sesuai Mesin Kecerdasan

Hal yang kedua adalah berusaha mencari profesi yang paling sesuai dengan Mesin Kecerdasan dalam mencari rezeki serta menjalani profesi tersebut dengan gaya yang juga selaras dengan kehebatan Mesin Kecerdasan. Profesi dalam konsep STIFIn bukan sekadar pekerjaan, melainkan sebuah pilihan peran yang merupakan panggilan jiwa dan sekaligus menjadi sumber penghasilan.

Ketika profesi serta gaya menjalani profesi sesuai dengan Mesin Kecerdasan insyaa Allah akan memberikan kenyamanan yang sangat, sehingga bekerjanya seseorang yang dilakukan dengan nyaman dan menyenangkan, insyaa Allah akan melahirkan prestasi yang mengagumkan.
Prestasi yang besar insyaa Allah tentunya akan diikuti dengan REZEKI yang besar pula.

Miliki Energi Langit

Yang ketiga adalah melakukan percepatan dengan memiliki ENERGI TAMBAHAN yang berasal dari MARKAS ENERGI dan ENERGI LANGIT. Markas energi yang saya maksud adalah energi yang datang dari rumah, jamaah atau komunitas, serta shahabat.

Energi langit adalah energi yang datang mencerahkan ruhiyah berupa amalan wajib dan sunnah yang diajarkan oleh Allah lewat kekasih-NYA Nabi Muhammad Saw.

Tentu semua yang saya sampaikan ini adalah ILMU IKHTIYAR. Kita tak mengerti tentang taqdir yang Allah tetapkan untuk hamba-NYA. Yang jelas kita WAJIB BERUSAHA sebagaimana yang Allah sampaikan dalam Q.S. Ar-Ra’d (13):11 “…Sungguh Allah takkan mengubah nasib suatu kaum, sampai kaum itu mengubah nasibnya sendiri…”.

Wallahu a’lam..


INI TENTANG HARTA

Sensing berucap : Bahagia itu kalau bisa punya duit yang banyak. Tanpa duit susah mau ngapa ngapain. Mati emang gak bawa duit, tapi sebelum mati kan butuh duit.

Insting berucap : Kebahagiaan bukanlah pada Harta. Bahagia ya Bahagia aja. Tuh banyak orang Kaya gak bahagia hidupnya. Sholatnya jadi lupa, karena sibuk nyari duit. Banyak harta nanti repot ciiiiiinn..menjawab pertanyaan malaikat di kubur.

Feeling berucap : Punya Harta kalau Gak saling mencintai untuk apa. Yang penting itu dalam Hatinya ada kita satu satunya. Gak selingkuh dan minta poligami. Banyak pasangan kaya, tuh artis kurang apa duitnya, cerai juga. Karena telah hilang rasa cinta mereka. Yang penting Hati bukan Harta, ini mirip lagunya.. Kun Anta Tazdada Jamala – Humood AlKhudher.

Thinking berucap : Jabatan tinggi akan mendatangkan penghasilan yang banyak. Duit banyak tidak dipandang dan dihormati orang kalau kita tidak punya pangkat dan jabatan.

Intuiting berucap : Harta bisa habis. Tapi Ilmu bisa menjaga Harta. Cari ilmu dulu, nanti duit akan datang sendiri. Orang berilmu itu lebih tinggi posisinya di mata Allah dari pada orang ber Harta.

Hmm..kebayangkan

Betapa “serunya” rumah tangga, ketika kita memiliki Mesin Kecerdasan yang berbeda dengan pasangan saat berbicara tentang Harta, Tahta, Kata (Ilmu), Cinta dan Bahagia. Hal seperti ini aja, masalah beda pendapat tentang Harta, Tahta, Kata (Ilmu), Cinta, Bahagia, jika masing-masing tidak mampu memposisikan “makanats” (artinya keberadaan, dalam STIFIn disebut Mesin Kecerdasan) pasangannya. Bisa “barabe” (hancur) tuh rumah tangga.

Kalau gitu bagus donk, kalau Mesin Kecerdasan saya sama dengan pasangan ?..nah..klo hal ini lain lagi babnya bro and bri…karena tidak selamanya yang sama itu bagus, coba laki-laki sama laki-laki nikah, bagus tidaaak.. ?

Tips Memilih Jodoh

Tips selingan : Jika ingin menikah, carilah perbedaan, jangan cari yang banyak kesamaan sifatnya. Biasanya, karena merasa banyak kesamaan sifat, disangka pasangan cocok ideal. Padahal kutub magnet yang sama, mereka jadi gak akur, tuh buktinya tolak tolakan. Begitu kutubnya beda, jadi akur dan saling mendekat berpelukan, nempel gak mau lepas. Ternyata kutub magnet lebih smart dari kaum LGBT.

Perbedaan Adalah Sunnatullah Untuk Menjadi Akur

Nah, kalau kutub magnet yang berbeda aja bisa akur, saling mendekat dan berpelukan, masa iya..kita sama pasangan yang berbeda sifat, malah menjadi tolak tolakan. Berarti SunnatullahNya, perbedaan itu menjadikan kita akur. Tapi, faktanya keributan yang ada dirumah tangga,  justru dikarenakan adanya perbedaan  pandangan dan pengalaman hidup, pendapat dan persepsi.

Perbedaan itu terjadi karena beda Mesin Kecerdasannya. Mesin Kecerdasan itu adalah salah satu dari 5 bagian otak manusia yang paling dominan, yang paling aktif bekerja selama 24 jam/hari mengendalikan manusia. Otak Dominan tersebut menghasilkan output dalam bentuk Pandangan Hidup, Persepsi, Pendapat, Ucapan, Sikap dan Prilaku serta Prioritas Hidup yang berbeda satu sama lainnya.

Untuk itulah Konsep STIFIn yang ditemukan oleh guru kami ayah Farid Poniman, hadir sebagai Konsep yang  membuat kita menjadi lebih mudah memahami perbedaan, tidak memaksakan kehendak pribadi kepada orang lain. Sehingga menjadi dasar untuk lebih mudah menghormati, memahami sikap dan tindakan, serta pilihan dan pandangan hidup pasangan kita ataupun orang lain.

Dulu sebelum kenal STIFIn, saya selalu memaksa teman yang saya kenal, agar berwirausaha kalau dia memilih profesi PNS atau Karyawan, maaf ya teman-teman yang PNS. Tapi, Sejak kenal STIFIn saya sekarang bisa jalan normal lagi, tulang punggung tidak sakit lagi dan pusing dikepala hilang…loh..kok jadi klinik Tong Fang. Setelah mengenal Konsep STIFIn saya jadi sadar, ternyata saya tidak bisa memaksakan semua orang untuk memilih jalan hidup yang sama dengan saya.

Ini ada cerita fiktif :

Intuiting berkata : Ilmu itu lebih penting dari duit. Si Intuiting ini selalu fokus nyari ilmu, baru dapatkan duit dengan ilmunya.

Sensing berkata : Gak ada duit, mana bisa menuntut ilmu, bayar seminar dan pelatihan. Sensing berpendapat cari duit dulu baru Ilmu.

Untungnya si Sensing, gak seperti itu, dulu dia manut aja (karena ditaklukkan sama Intuiting kali ya.), lagi susah susahnya duit, karena si Intuiting mau Tobat Profesi, dari Pemilik Usaha Warnet dan Jasa Service Komputer, ingin putar haluan jadi Trainer. Jadi si Intuiting ini udah tobat profesi duluan, sebelum kenal istilah Tobat Profesi dari STIFIn.

Intuiting ngomong ke Sensing, eh kita ada duit gak ya, mau ikut seminar ini nih. Pas pula Sensing lagi ngefans sama Kek Jamil Azzaini, jadi jebollah proposal untuk pergi ke Jakarta buat Wanna Be Trainer Batch 12, disana dikenalin dengan STIFIn dan berlanjut beberapa kali Workshop STIFIn. Sampe-sampe kita ngutang waktu itu untuk WSL3 yang nilainya 12 juta. Ups….

Tapi, sekarang..dia bilang..
Untung ya..ayah dulu ikut yang gituan..
Bisa ketemu dunia baru yang berbeda, komunitas baru.

Yaa..untung kamu juga dulu manut aja..
Trus dijawab.. Namanya awak patuh sama suami. Ciee cieee..cuit cuiiiit

Coba bayangin, kalau kejadiannya tidak Happy Ending seperti itu, tapi seperti ini :

Apa yah..uang kita terbatas, pengeluaran banyak, pemasukan minim, ini mau pergi seminar WBT, “Wanna Be Bokek” itu namanya, ngabisin duit aja. Emang bisa dapat duit langsung setelah pulang dari seminar, gak kan ?..Gak..gak gak..gak bisa ayah pergi seminar..dari mana duitnya, duit kita gak ada.

Lalu, dijawab enteng sama Intuiting, yang anti kemapanan..”Dari Allah” duitnya.

Sensing langsung jawab, emang bisa duit itu turun gitu aja dari langit kayak Allah nurunin hujan tanpa kerja keras. (ini bahasa emak saya dulu, ternyata setelah saya Tes STIFIn, Sensing hasilnya, hehe..)

Kalau saya terusin bisa panjang nih..daya hayal saya dalam mengarang bisa gak habis..Mau bacanya..sampe habis.. 🙂

Jadi Intinya..

Kenali Mesin Kecerdasan pasangan :

1. Agar kita lebih mudah menerima, memahami dan bersungguh sungguh mewujudkan apa yang menjadi Prioritas Hidupnya, menerima sikap dan cara berpikirnya.

2. Agar kita tidak Ego Sendiri, ingin prioritas hidup kita sendiri yang dipenuhi, sikap kita sendiri yang ditenggang rasai dan ingin dimengertii, tanpa memikirkan kalau pasangan punya prioritas yang berbeda, sikap dan cara pandang yang berbeda yang butuh juga dimengertii.

3. Saya kan Sensing kata istrinya, kamu harus ngerti donk, cari duit yang banyak sono. Ini juga sikap yang gak benar, namanya bersembunyi dibalik STIFIn. Pasangan anda pasti mengerti tanpa perlu anda ngomong begitu, jika dia udah mengenal Konsep STIFIn, jadi buruan di kenalin dengan mengikuti Workshop STIFIn.

4. Saya kan Feeling, hanya bisa memberikan Cinta, jadi jangan harapkan Harta. Ini namanya menjadikan STIFIn sebagai alasan pembenaran dari kelemahan diri karena tidak mau dan mampu berupaya mencari harta.

“Bagi saya yang penting kita Bahagia kata istri Insting, hidup pas pasan tidak masalah, asalkan kita bahagia. Kata suaminya yang Sensing. Yaaa gak gitu juga keless, emang bisa beli beras pake mata uang Bahagia, haji koim itu walaupun udah haji, kalau berasnya di beli tetap pake Rupiah”

“Bagi Saya Feeling, yang pentingkan saya mencintai kamu, sayang kamu, sepenuh hatiku milik kamu, kalau kamu mau Harta yang banyak, yaa..jangan berharap sama saya donk, saya kan feeling hanya bisa memberikan cinta dan kasih sayang. Kalau mau harta, sono tuh nikah sama Datuk Maringgih.

Jadi baiknya..

Okey, saya buat kamu Bahagia selalu dirumah dan dimanapun kita bersama berada..Tapi kamu buat saya bahagia dengan penghasilan yang banyak ya, kata Sensing pada Insting.

Okey, sekarang kamu nuntut ilmu yang banyak, nanti dengan itu hasilkan uang yang banyak ya, kata Sensing pada Intuiting (ini kata istri saya).

Okey, saya berikan kamu Cinta, dengan itu kamu harus semangat ya, pantang menyerah mencari nafkah yang banyak untuk keluarga kita, agar kita bisa beli rumah dan mobil sendiri. Kata Sensing pada Feeling.

Okey, saya berikan kamu kesempatan berkarir sampai jabatan tertinggi, saya bertanggung jawab dirumah, tapi hasilkan duit yang banyak ya, tanpa korupsi, ingat tanpa korupsi. Kata Sensing pada Thinking

Sensing kepada Sensing gimana..
Nah..ini bab nya beda bro…hehe..

Sekian dulu dari
STIFInspirator
——

NB. Mohon di koreksi jika ada yang salah..via Japri.