Bakat Minat Personality Sensing introvert

SI JEMPOL KANAN Mesin Kecerdasan Sensing, dengan drive introvert ketika digabungkan menjadi Personality Sensing introvert. Sensing Introvert disimbolisasikan

SI JEMPOL KANAN

Mesin Kecerdasan Sensing, dengan drive introvert ketika digabungkan menjadi Personality Sensing introvert. Sensing Introvert disimbolisasikan dengan jempol kanan. Orang sensing introvert secara fisik memiliki postur paling besar dibandingkan dengan jenis personality yang lain, paling bongsor karena dia sensing introvert diibaratkan seperti jempol kanan. Bukan hanya sekadar badannya yang bongsor, tetapi dia memiliki otot yang kuat, terutama otot motorik kasar. Sehingga kalau dia pemain bola, orang sensing introvert tendangannya pasti kecepatannya sangat dahsyat, karena dia memiliki syaraf motorik kasar.

AKTIF, DINAMIS

Kekhasan terutama dari segi otak. EEG memberi informasi, karena introvert itu sel otaknya lebih kerap, itu mengapa kemudian dia memilki frekuensi gelombang otak yang lebih rapat, lebih kerap dibandingkan dengan ekstrovert.

Sensing introvert karena drivenya menggunakan yang berwarna putih (lapisan otak dalam), yang sel otaknya lebih banyak, yang dideteksi EEG memilki gelombang yang lebih kerap, itu mengapa kemudian sensing introvert ini menjadi orang yang lebih aktif, lebih dinamis, lebih banyak menggerakkan badannya, karena itu dari segi pekerjaan otak, dia seperti selalu dikejar-kejar oleh sebuah keperluan tertentu, oleh sebuah tugas tertentu.

SEKSI – “MAK REMPONG” – SIBUK

Sensing introvert otaknya bekerja lebih aktif dan badannya juga bekerja lebih aktif, mengeluarkan tenaga lebih banyak, dan dari situlah kemudian dia seperti orang yang kelihatan sangat sibuk. Ini memang pekerjaan otak yang nyambung dengan energi yang dikeluarkan oleh tubuhnya tadi, membuat orang sensing introvert menjadi lebih detail, menjadi lebih terperinci, karena sensoriknya di drive dengan secara kuat oleh drive yang introvert tadi, yang chargingnya dari dalam. Itu mengapa sensorik (panca inderanya) tadi membuat dia bergerak lebih aktif dan lebih terperinci.

PENGEJAR STANDART

Sensing introvert sebagai sebuah personality (kepribadian), maka kita akan melihat, orang itu cenderung seperti memiliki standart keperluan tertentu, tingkatan tertentu yang dia mesti capai, yang dia mesti kejar. Orang sensing introvert kalau misalnya dia mengabaikan atau tidak mengejar keperluannya yang standart tadi, dia merasa bahwa dirinya itu tidak kompetitif, dirinya tidak eksis, ada yang kurang dengan dirinya, membuat dia tidak PD. Itulah yang membuat dia stabil dalam rangka mengejar keperluan yang standart tadi.

EFISIEN

Saya ambil contoh, misalnya begini, gampangnya ya, sehari seorang teller katakanlah memerlukan 100 bahan cetakan. Di beri tanggal, bagusnya tanggalnya langsung di cetak saja. Tapi kalau dia orang sensing introvert, dia mengatakan, ” jangan di cetak, biar nanti saya stempel saja dari pada nanti ada kelebihan, yang mestinya pakai 100 ternyata cuma 95 yang kepake. Kan yang 5 nya sayang, mending saya stempel saja menggunakan tanggal pada hari itu”. Itulah yang dimaksud dengan orang sensing introvert bersedia lebih lelah sedikit, lebih telaten sedikit untuk mengejar sesuatu, misal untuk mencapai efesiensi tertentu, penghematan tertentu dan terkadang dia merasa lebih eksis karena itu. Karena ada standart tertentu yang berhasil ia capai.

SUKA NAWAR

Demikian juga kalau dia nawar dagangan, orang sensing introvert, sepanjang masih bisa di tawar,  meskipun berbeda seperak dua perak maka ia akan lakukan, karena itu bagian dari mengejar keperluan yang standart tadi.

Sensing introvert sering kali memang dia selalu berbicara memperbandingkan antara fakta dan kejadian secara detail, jadi kalau dia satu kali pergi ke luar kota, disitu dia berbelanja harganya berbeda, jadi persoalan bagi orang sensing introvert, dan persoalannya itu menjadi lebih signifikan karena dia sensing introvert, karena dia perduli pada detail, karena dia menyukai sesuatu yang hemat, dan yang paling penting adalah karena dia mengejar keperluan yang standart tadi.

MEMILIH SESUAI STANDART

Termasuk bukan hanya dalam urusan karakter, termasuk dalam urusan cinta, orang sensing introvert begitu bicara cinta, maka  cintanya itu mengejar standart, mengejar keperluan tertentu. Misalnya dia sudah tahu dalam keluarga memerlukan belanja rumah tangga katakanlah 20 juta, yang melamarnya cuma bawa penghasilan 10 juta, dia katakan tidak selevel, itu lah orang sensing introvert, dia mengejar keperluan yang standart tadi.

Ada keinginan yang besar pada dirinya, ketika dia mengejar keperluan yang standart tadi, dia bersedia untuk melatih dirinya, mempersiapkan dirinya, mendidik dirinya, menggembleng dirinya untuk memenuhi keperluan yang standart tadi.

BERSEDIA ALL OUT

Sensing introvert, dia bersedia all out, dia menjadi amat sangat rajin, dia mengejar sesuatu, yang sesuatu itu dipandang oleh dia mencukupi keperluannya, dan itu lah standart dia. Standart ini pada orang sensing introvert cenderung stabil, dia seperti menjadi regulasi (aturan) di dalam dirinya. Cenderung menjadi seperti harga yang harus dibayar. Ketika berhadapan dengan orang sensing introvert tinggal dilihat saja itulah standart dia, itulah leverage dia, itulah posisi dia. Jadi mudah berhubungan dengan orang sensing introvert karena dia predictable, dia bisa di duga, dia bisa di terka di mana standartnya, disitulah harga dia, disitulah level dia.

BUTUH PENGALAMAN

Sensing introvert untuk naik level, dia memerlukan proses. Proses yang paling diperlukan adalah pengalaman. Dengan dia memiliki pengalaman, dia memiliki akar yang kokoh dan dengan pengalaman yang semakin menjulang itu membuat sensing introvert naik ke level kepada yang lebih tinggi. Orang sensing introvert, misal sebagai contoh ketika ia berbisnis, berbisnislah dia dengan cara yang ulet, rajin, tidak ada ruang yang kosong, dia detail, dia kuasai semua, sehingga kemudian tidak ada perusahaan, tidak ada team yang bisa seefisien teamnya dia. Dan itu memerlukan team yang rajin, memerlukan team yang ulet.

Sensing introvert sebagai seorang pimpinan perusahaan, dia akan mampu melakukan penghematan yang dilakukan dengan jalan melakukan strategi menambah energi dengan lebih rajin.

Pin It

Leave a Comment