Minat Bakat Personality Intuiting extrovert

ASSEMBLY IDEA Mari kita bicarakan tentang Intuiting extrovert. Mesin Kecerdasan nya Intuiting, drive nya adalah extrovert, yang membawa

ASSEMBLY IDEA

Mari kita bicarakan tentang Intuiting extrovert. Mesin Kecerdasan nya Intuiting, drive nya adalah extrovert, yang membawa dari luar ke dalam. Sebetulnya dirinya sendiri sudah introvert, introvert itu artinya sudah kreatif, tetapi dia masih membawa lagi kreatifitas-kreatifitas dari luar untuk masuk kepada dirinya, nah karena itulah kemudian orang Intuiting extrovert ini tidak bisa tidak, dia memang harus mengexplorasi dari berbagai macam kreatifitas, di polakan dengan cara tertentu, untuk melahirkan sebuah kreatifitas baru. Itu mengapa saya menyebutnya orang itu intuiting extrovert seperti seorang assembler ide, bukan assembler teknis.

Intuiting extrovert adalah assembler idea (perakit ide). Ide dirinya punya, dari luar masih di invite oleh dia, masuk pada dirinya, kemudian dari sekian banyak ide yang ada itu, dia polakan, dia compile, dia peras-peras, dia kocok-kocok sampai kemudian keluar ide baru yang hasil assembling, hasil merging dari beberapa ide yang ada.

ABSORB IDEA

Karena drivenya extrovert, itulah mengapa orang intuiting extrovert, masih punya daya untuk meng-absorb (menyerap) ide dari luar. Dia seperti mangkok yang terbuka, yang setiap saat bisa menerima “koin” masuk dan “koin” itu adalah koin ide, yang di tampung oleh dia.

Ide itu tidak pernah di sekat dengan pintu yang tebal, justru malah orang Intuiting extrovert adalah open untuk memasukkan banyak ide. Sehingga memiliki banyak kemungkinan, itu juga yang membuat salah satunya mengapa orang Intuiting itu kebanyakan alternatif, kebanyakan pilihan, kebanyakan ide.

SULIT MENENTUKAN ARAH

Karena kebanyakan alternatif, kebanyakan ide, kebanyakan pilihan inilah yang membuat Intuiting extrovert punya kelemahan di dalam direction (arah) yaitu sulit menentukan kemana arah perginya, sulit menentukan ide yang mana yang akan dipakai.

Itulah yang menjadi alasan kenapa orang Intuiting di taklukan oleh orang Thinking. Dimana orang Thinking kelebihannya adalah menentukan direction. Sementara orang Intuiting selalu mempersepsi secara terbuka dari segala kemungkinan ide yang masuk, sehingga menjadi banyak alternatif, banyak pilihan, dan dia tidak kunjung bisa menetapkan arah mana yang dia akan tuju. Itulah kelemahan Intuiting extrovert.

MENYEBRANG LAUTAN IDE

Kalau Intuiting introvert, dia adalah seni untuk seni, sehingga pasti unik, pasti asing.

Orang Intuiting extrovert punya sisi ekstrim yang lain yaitu adalah karena di dalam otaknya dia memiliki intensitas energi yang besar. Dan intensitas energi yang besar itu, tentu saja di gunakan menjadi pemimpin di dalam kepalanya, ketika yang menjadi pemimpin itu adalah Intuiting, Intuiting itulah yang kemudian akan di beri energi oleh dia sehingga orang intuiting extrovert sangat ekstrim dalam hal punya kemampuan menyebrang lautan ide yang seluas-luasnya, lautan seluas apa pun bisa di seberangi olehnya kalau di situ dia menemukan ide yang akan di tempuh. Nah, jadi dengan adanya otak yang bekerja dengan intensitas energi yang besar, membuat orang Intuiting extrovert itu mampu menyebrangi lautan ide, mampu menyebrangi konteks kekinian, mampu menyebrangi anti kemapanan yang begitu tebal.

KAWIN LARI

Maka dalam urusan percintaan secara gampangnya, orang Intuiting extrovert ini bisa juga mudah untuk kawin lari, kalau dia sudah ketemu sama pasangannya yang cocok, orang tuanya enggak setuju, karena bagi dia, itu adalah bagian dari penyebrangan ide, ya dia kawin lari saja, dan dia tidak peduli dengan sekitarnya, karena dia bersedia menyebrang melintasi budaya yang eksis pada saat itu, melintasi momen kekinian. Itulah yang terjadi pada orang Intuiting extrovert.

Jadi orang Intuiting extrovert memiliki energi yang tinggi untuk mengexpresikan idenya, mencari ide yang lebih brillian, kalau pun dia harus menyeberang lautan, meninggalkan orang tuanya, maka akan di lakukan oleh orang Intuiting extrovert, ini dari segi ide.

ANAK MAMI

Orang Intuiting extrovert itu adalah di antara semua personality genetik, dia yang paling anak mami. Jadi, dia mungkin boleh bersedia bersebrangan dengan bapaknya, tetapi dia sulit untuk bersebrangan dengan ibu nya, karena dia anak mami. Dia home seek kalau lama tidak bertemu dengan ibunya. Jadi penyebrangan itu mungkin dalam banyak hal, kecuali ketika dia harus bersebrangan dengan ibunya, sulit baginya untuk berseberangan dengan ibunya.

PENCIPTA PASAR (TREND)

Menariknya orang Intuiting extrovert ini adalah dia menciptakan seni untuk pasar, karena dia menciptakan seni untuk pasar, maka cenderung produk dan isi pikirannya itu kepake, yang jadi masalah adalah ketika sebetulnya menurut sudut pandang orang lain sudah ketemu idenya yang bisa di terima pasar tetapi lebih banyak persiapan, lebih banyak mencari alternatif yang lain, “betul gak ya yang ini, atau yang ini, atau ini”.

Ini lah yang membuat begitu masuk berpikirnya cara Thingking, itu akan menyempurnakan orang Intuiting extrovert yang kebanyakan persiapan dan kebanyakan alternatif. Karena sebetulnya di antara sekian banyak pilihan ide dia pun, sebetulnya sudah berorientasi pasar, sehingga kemungkinan untuk berhasilnya kuat, karena dia sudah mampu mempelajari situasi sekitarnya karena drivenya yang extrovert  (dari luar menuju ke dalam),. Jadi apa yang berkembang ide di masyarakat itu, dia bisa invite masuk ke dalam dirinya, di olah menjadi pertimbangan bagi dia.

INTENSIFIKASI BISNIS

Mudah bagi Intuiting extrovert untuk menambah keberhasilannya di dalam dunia bisnis, yaitu adalah dengan jalan intensifikasi, bukan ekstensifikasi (pada orang Intuiting introvert). Kenapa? Karena dari sekian banyak alternatif, menemukan satu saja dia kebanyakan pertimbangan, begitu satu udah ketemu, udah fokus aja. Maka intensifikasi lah disitu, perbesar skalanya disitu, dengan jalan menaikkan volume, tetapi sekaligus yang paling penting, karena dia Intuiting extrovert yaitu adalah meningkatkan margin, menjaga margin yang besar tadi, di perbesar volumenya atau skalanya, itu caranya orang Intuiting extrovert dalam menaikan level bisnisnya.

JANGAN SELINGKUH PROFESI

Jadi, dia memperbesar skala artinya jangan berselingkuh kepada profesi yang lain, maka wajar kalau orang intuiting suka bisnis dia akan enggan kepada politik, itu sudah betul cara pertimbangan seperti itu. Bahkan bukan hanya itu. Pakemnya adalah kalau dia sudah berbisnis produk A maka jauhilah dia berpikir untuk berbisnis produk B sebelum A nya ini mapan, sebelum A nya ini jadi, sudah di exploitasi atau di optimasi secara maksimal. Kecuali kalau dia mengatakan : “oke yang A ini sudah jenuh dia harus men develope sebuah produk baru”, maka produk baru B itu harus dengan “mainan baru” yang di persiapkan sebagaimana yang pertama tadi, di siapkan secara matang, di telateni sampai jadi dan akhirnya teroptimasi sampai mentok juga bisnisnya.

SUKA PERUBAHAN

Nah, Intuiting extrovert meskipun dia adalah agen perubahan yaitu perubahan yang berorientasi kepada pasar, perubahan yang di lakukan  oleh orang Intuiting extrovert ini duduknya lebih nyaman, bisa lebih perubahan yang dilakukan dengan situasi yang lebih empuk, meskipun begitu, tetapi sejatinya yang namanya orang intuiting selalu berorientasi vertical. Dimana anak buahnya sering kali menjadi musuh dan tantangan yang paling besar karena mereka tidak mengerti bahasa pimpinan yang intuiting tadi, sehingga kemudian menjadi masalah. Anak buahnya merasa tidak terlibat dan tidak memiliki sense of bilonging.

Pin It

Leave a Comment