Minat Bakat Personality Intuiting introvert

METAPERSPEKTIF Sekarang kita bahas tentang Intuiting introvert. Mesin Kecerdasan nya intuition atau Intuiting dengan drive introvert. Jadi Intuitingnya,

METAPERSPEKTIF

Sekarang kita bahas tentang Intuiting introvert. Mesin Kecerdasan nya intuition atau Intuiting dengan drive introvert. Jadi Intuitingnya, yang dibawa dari dalam keluar. Karena ciri khas orang Intuiting itu adalah vertikal, itu mengapa orang Intuiting introvert itu, membawa dari dalam keluarnya, keluarnya itu ketempat yang lebih tinggi. Itu mengapa orang Intuiting introvert punya kecenderungan ingin mentransformasikan dirinya, fikirannya ataupun idenya kepada level yang lebih tinggi, kepada perspektif yang lebih tinggi, orang menyebutnya metaperspektif.

TRANSFORMASI IDE

Nah, orang Intuiting introvert menyukai sesuatu, yang bermimpi dengan hayalan diatas realitas yang bisa dia jangkau. Orang yang sangat vertikal (melangit), di drive dari dalam keluar, keluarnya itu kearah yang lebih tinggi, itu mengapa orang Intuiting introvert memiliki kemampuan mentransformasi kepada metaperspektif.

Yang dimaksud dengan mentransformasi itu adalah: dia bukanlah jenis orang yang bertransaksi, hitung-hitungan, mentransformasi itu adalah memindahkan dari satu ide menjadi ide yang lebih cemerlang, dari sebuah gagasan menjadi gagasan baru yang lebih dahsyat, dari sebuah produk menjadi produk baru yang memiliki value added (nilai tambah) yang lebih tinggi, itulah yang disebut mentransformasikan.

TERTANTANG HAL BARU

Dan secara unik pada orang Intuiting introvert ini, dia punya kegemaran untuk tertantang menangani masalah-masalah baru, masalah-masalah yang asing, dia bukanlah jenis orang yang terstatus quo dengan persoalan-persoalan lama, persoalan-persoalan lokal. Dan orang Intuiting introvert ini cenderung bukan orang lokal. Dia memiliki sesuatu, yang sesuatu itu menjelajah kesana kemari begitu tingginya, orang langit yang terbang setinggi-tingginya, dan ketika dia pergi ke level yang lebih tinggi itupun, dia kerap mencari masalah-masalah baru, dia mencari masalah-masalah asing.

Bagaimana terjemahannya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu misalnya : wajar kalau orang Intuiting introvert ini dia akan menyukai kawin dengan orang yang bukan satu suku, bukan dari daerahnya, karena dia menggunakan metaperspektif tadi, menggunakan perspektif yang lebih tinggi.

Seseorang yang berasal dari, katakanlah Semarang, kemudian dia memiliki pertimbangan bahwa Jakarta itu lebih tinggi dari pada Semarang budayanya, maka dia dari Semarang lebih senang dikawini oleh orang Jakarta, atau orang Jakarta menganggap bahwa Singapore lebih tinggi, New York lebih tinggi, maka dia lebih senang dikawini oleh orang Singapore dan orang New York.

ANTI KEMAPANAN

Nah, orang Intuiting introvert pergi lebih jauh melampaui situasi lokal dan dia menyukai hal-hal yang asing. Karena menyukai hal-hal yang asing inilah, itu mengapa orang Intuiting introvert ini seperti anti kemapanan, begitu reformis, menyukai perubahan dan kerap dia berubah dari satu topik ke topik yang lain, dari satu ide ke ide yang lain, dari satu masalah ke masalah yang lain, sepanjang keseluruhannya itu adalah membuat dia, ditarik keatas. Intuiting introvert selalu ingin pergi naik terbang tinggi keatas, dan apapun yang menjadi pencetus untuk dia naik keatas itu adalah menjadi makanannya.

HOLISTIK YANG TERKONSEP

Sesungguhnya cara kerja otaknya orang Intuiting introvert ini bukanlah jenis orang yang terspesialisasi kepada satu jenis fikiran tertentu, dia lebih merupakan hole brain, keseluruhan yang sedang mempolakan sesuatu. Jadi Intuiting introvert ini punya kemampuan berfikir lebih komprehensif, meskipun pasti akan kalah dengan orang Insting, dia bisa berfikir holistik, meskipun akan kalah dengan orang Insting.

Tetapi holistiknya dan komprehensifnya orang Intuiting introvert ini menggunakan konsep, menggunakan standar dilevel yang lebih tinggi, menggunakan metaperspektif tadi, sehingga dia bergerak di level yang lebih atas, bukan terspesialisasi, tetapi dia menggunakan hole brain yang mentransformasi dan mempolakan fikiran kepada peringkat tertentu.

PERCAYA DIRI YANG TINGGI

Jadi, wajar kalau orang Intuiting introvert itu, kalau wajahnya skornya tujuh, maka dia merasa dirinya sepuluh. Dia over pede, atau kepedean, bahkan dalam hal punya kemampuan managerialship, kepemimpinan, orang Intuiting introvert selalu mengukur dirinya lebih tinggi dari orang lain. Jadi ketika dia memilih pasangan, maka dia bukan memilih pasangan yang skornya tujuh sesuai dengan realitas wajahnya dia. Tidak! Dia akan memilih yang skornya sepuluh dan dia pede untuk mengejar itu. Boleh jadi pasangannya setuju juga karena kemampuan berfikir dia itu adalah beyond (melewati) dari realitas yang ada.

MENCIPTA UNTUK KEPUASAN

Orang Intuiting introvert ketika dia memproduksi sesuatu, maka keluar produksi seni untuk seni, bukan seni untuk pasar (seperti Intuiting extrovert), yang paling penting buat dia adalah memuaskan mimpinya, memuaskan hayalannya, memuaskan imajinasinya, tidak peduli apakah orang lain suka atau tidak suka, yang penting dia merasa bahwa dia telah mencapai sebuah tingkat kesenian pada level tertentu, yang dari hari kehari menjadi lebih tinggi.

Karena itulah Intuiting introvert seperti ini bagusnya diberikan peran yang sangat memerlukan daya artistik dengan daya jelajah yang kuat, pada level yang lebih tinggi, ini trendsetter dikelas atas. Orang Intuiting introvert yang paling jago dalam hal ini.

DISORIENTASI

Kebiasaan dia karena menyukai persoalan-persoalan baru yang masih asing itulah yang membuat orang Intuiting introvert sepertinya cenderung bosanan terhadap situasi kekinian, berbeda sekali dengan orang Sensing extrovert, yang memanfaatkan momen kekinian.

Ini juga yang kerap kali menjadi penyebab, mengapa orang Intuiting introvert itu kerap kali terpapar oleh disorientasi kerja, disorientasi fikiran, termasuk kepada disorientasi seksual, yang bagusnya dia berpasangan laki dengan perempuan menjadi laki-laki dengan laki-laki tidak ada masalah, perempuan dengan perempuan tidak ada masalah. Sudah diberikan tempat didepan sudah bagus, dia cari lagi dibelakang, karena disorientasi tadi, dia menyukai masalah-masalah asing.

Memang, kebetulan faktanya sering kali terjadi, kita perhatikan kalau orang Intuiting introvert yang laki-laki, tindak tanduk gerakan badannya seperti kemayu, yang perempuan seperti macho, tomboy, ini terjadi pada Intuiting introvert. Jadi masa kecil dari kita, anak kita yang Intuiting introvert ditandai dengan seperti ada disorientasi yang berbeda.

AGEN PERUBAHAN

Dimana kehebatan yang sesungguhnya pada orang Intuiting introvert ini yang tidak bisa dilampaui oleh orang lain yaitu adalah dia menanjak naik keatas begitu cepatnya, sering kali malah orang yang dibawa itu agak ketinggalan dan keteteran, maka kalau dia menjadi CEO, CEO nya sudah pergi kemana, bawahannya masih dimana, ini sering kali terjadi.

Bagaimana caranya orang Intuiting introvert ini untuk berkembang jauh, dia memang sangat bagus diletakkan di kalau perusahaannya itu atau bisnisnya itu sangat kuat di riset, sangat kuat di pengembangan produk, karena riset dan pengembangan produk ini cocok sekali ditarok orang Intuiting introvert yang dengan metaperspektifnya itu dia melampaui zamannya, melampaui realitasnya yang ada saat ini. Nah, Intuiting introvert  itu adalah agen perubahan.

Pin It

4 thoughts on “Minat Bakat Personality Intuiting introvert

Leave a Comment