Sensing Dan Masalah Asam Lambung

Tulisan ini terinspirasi dari curhatan seorang teman Sensing yang memiliki masalah Asam Lambung. Asam lambung merupakan senyawa yang

Tulisan ini terinspirasi dari curhatan seorang teman Sensing yang memiliki masalah Asam Lambung. Asam lambung merupakan senyawa yang memiliki rumus kimia HCl atau asam klorida. Senyawa ini bersifat asam. Kadar HCl dalam asam lambung adalah sekitar 0,5 persen dari total getah lambung. HCl berfungsi sebagai disinfektan atau pembunuh kuman dan mengubah pepsinogen menjadi pepsin. HCl juga merangsang usus, hati, dan pankreas untuk mencerna makanan.

Asam lambung berfungsi membunuh bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh bersama-sama dengan bahan makanan. Pada dinding lambung terdapat lendir yang disebut mukus yang berfungsi melindungi lambung. Namun, apabila jumlah lendir terlalu sedikit, atau sebaliknya asam lambung terlalu banyak, maka dapat terjadi luka pada dinding lambung.

Mereka yang Mesin Kecerdasan nya Sensing, organ tubuhnya Lambung, memiliki Kehebatan pada PANCA INDERA yaitu Penglihatan, Pendengaran, Penciuman, Peraba, dan Pengecap. Dari lima panca indera tersebut saya akan bahas Indra Pengecap yang bertempat di Lidah dan hubungannya dengan asam lambung/lambung.

Ciri orang Sensing suka bersenang-senang, suka dengan kepraktisan, inilah yang mendorong mereka senang makan junk food, atau cemilan, makan di restoran. Pengecapnya, Lidahnya orang Sensing itu sensitif, sehingga senang makanan yang Gurih-Gurih, yang bumbunya berasa, atau pakai penyedap, tidak hambar, praktis cepat siap (junk food). Ada kalanya juga orang Sensing yang pengecap dan penciumannya sangat peka, sensitifitasnya tinggi, menjadi tidak suka dengan makanan yang tajam aroma makanannya atau bumbunya atau penyedapnya. Bahkan pada wanita Sensing yang sedang hamil, mencium aroma makanan/bumbu bisa merangsang rasa mual dan ingin muntah, karena tajamnya indera penciumannya. Kesenangan akan yang gurih-gurih membuat orang Sensing tidak begitu suka makan sayur, karena sayur gak ada rasanya (hambar). Membuat orang Sensing jadi pemilih kalau soal makanan. Ciri lainnya orang Sensing senang yang pritilan, yang kecil-kecil tapi volumenya banyak, sehingga dia lebih memilih cemilan, makanan yang praktis, dibandingkan makan nasi dengan lauknya, karena penyedap cemilan sangat berasa enak di lidahnya dibandingkan nasi putih dan kawan-kawan.

Tapi masalahnya, cemilan tidak memberi manfaat bagus pada lambung. Cemilan tidak memberi manfaat kenyang pada lambung, sehingga lama berhenti ngemilnya. Akibatnya asam lambung orang Sensing yang seharusnya dikeluarkan untuk memproses makanan dilambung tidak tergunakan sepenuhnya.

Asam lambung yang tidak tergunakan tadi menyerang dinding lambung, dalam jangka panjang, lambung menjadi luka, sehingga berasa perih ketika makan sesuatu yang asam-asam seperti mangga, nenas, cabai, durian, dll. Kebiasaan ini berakibat buruk pada organ Lambungnya.

[quote_box_center]Orang Sensing kebanyakan punya masalah pada lambung yakni Asam Lambung, dan Masuk Angin karena perutnya kosong sebab tak mau makan, maunya cemilan terus.[/quote_box_center]

Ciri lain dari Sensing adalah rasa cemas. Orang Sensing mudah cemas ketika ada masalah baru, yang belum pernah dialami, rasa cemas ini menjadikan mereka jadi tidak selera makan, akhirnya asam lambung naik dan ujungnya kena maag.

Anak sensing yang gak mau makan dirumah, bukan karena susah makan, orang tua acapkali mengatakan “anak saya gak mau makan”, bukan tidak mau makan, tapi masakan emaknya gak enak di lidahnya si anak. Suami yang sensing gak mau makan dirumah, senangnya beli nasi bungkus, senangnya makan di kedai/restoran, bisa jadi karena masakan istrinya gak enak di lidahnya suami. Istri yang Sensing malas masak dan makan dirumah, bisa jadi karena sadar masakannya kurang enak. Kurang kreatif dalam menciptakan makanan yang enak. Tapi pengen makan yang enak.

Solusinya bagaimana.

Latih diri untuk Bersyukur. Makan saja apa yang ada, yang penting menyehatkan, gak usah banyak milih. Sebab, banyak orang yang sulit untuk mendapatkan makan, sementara anda sulit memilih makanan. Agar datang rasa syukur di hati sehingga mau makan karena kebutuhan untuk hidup, karena kebutuhan untuk lambung, bukan karena rasa nya yang enak di lidah. Makanlah untuk kebutuhan Lambung anda, bukan untuk kebutuhan Lidah anda. Sayangi lambung anda. Karena makanan itu lebih lama dilambung dibandingkan di lidah.

[quote_center]Makanlah untuk kebutuhan Lambung, bukan untuk menyenangkan Lidah[/quote_center]

Semoga tips ringan ini bermanfaat bagi orang Sensing yang memiliki masalah asam lambung.

Bagi anda yang belum tau Apa Mesin Kecerdasannya, ayo Tes Sidik Jari STIFIn – Tes Minat Bakat

Pin It

One thought on “Sensing Dan Masalah Asam Lambung

Leave a Comment