Wacanda Bisnis STIFIn Personality

Wacanda Bisnis adalah program Radio SmartFM 95,9 FM Jakarta. Dengan format acara yang santai, program ini tetap berbobot

Wacanda Bisnis adalah program Radio SmartFM 95,9 FM Jakarta. Dengan format acara yang santai, program ini tetap berbobot dalam menampilkan sisi bisnis. Host program ini adalah Abrar Din Ilyas, Gunawan Lukito dan Ola Nurlija. Bintang tamu pada edisi Jumat 22 januari 2016 jam 20.00 WIB adalah Bapak Farid Poniman, beliau adalah Penemu Konsep dan Tes STIFIn. Dalam acara Wacanda Bisnis Bapak Farid Poniman menjelaskan tentang STIFIn Personality. Secara singkat berikut resumenya :

Konsep STIFIn berdasarkan 5 Belahan Otak, setiap orang mempunyai 1 belahan otak yang dominan, dalam STIFIn disebut dengan Mesin Kecerdasan, sehingga ada 5 Mesin Kecerdasan yaitu Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling dan Insting.

Mesin Kecerdasan Sensing

Sensing memiliki dominan belahan otak limbik kiri bawah. Orang Sensing gampangnya orang yang ngikut kepada FAKTA, apa yang terlihat, sehingga dia bicara hal-hal yang sensorik banget, faktual banget, konkrit banget. Kalau menyuruh orang Sensing ini bekerja , kita gak bisa berikan janji muluk-muluk yang tidak keliatan, langsung down to earth, duitnya segini, insentifnya segini, kamu kalau kerja ini dapetnya segini, buat orang Sensing begitu yang ia senangi karena ia jenis orang yang Tangible.

Mesin Kecerdasan Thinking

Thinking memiliki dominan belahan otak neokortek kiri atas. Orang Thinking menggunakan LOGIKA, apa-apa dilogikan oleh dia, itu mengapa kalau duit sudah masuk ke kantongnya, sulit untuk keluar karena penuh pertimbangan, buat apa, gunanya apa, analitis banget. Orang Bankers, auditor, bagus untuk orang Thinking, tapi secara umum orang-orang Eksekutif, Corporate bagus untuk orang Thinking.

Mesin Kecerdasan Intuiting

Intuiting memiliki dominan belahan otak neokortek kanan atas. Intuiting adalah orang yang kreatif, konseptor, abstrak, dia kebalikan dari orang Sensing, dia justru adalah Intangible, dia kualitatif. Jika orang Sensing mengejar Volume, dia ngejar margin, dia mau ada kualitas yang jauh lebih tinggi.

Mesin Kecerdasan Feeling

Feeling memiliki dominan belahan otak limbik kanan bawah. Orang yang pakai PERASAAN, faktor-faktor perasaan sangat dominan pada orang feeling, dia akan menjadi hebat ketika perasaannya terpicu, tersentuh, muncul mood, bangkit semangatnya, bangkit spiritnya. Profesi yang cocok untuk orang Feeling yang paling umum adalah Public Speaker, Sales, P.R, tapi yang paling spesifik adalah yang pandai berjanji belum tentu ditepati itu adalah Politisi. Termasuk orang ini memiliki kecenderungan banyak korban pasangan lawan jenisnya, pemberi harapan palsu, play boy cap kodok, tipe perayu.

Mesin Kecerdasan Insting

Insting memiliki dominan belahan otak tengah. Orang yang cenderung serba bisa, kita liat dia musik bisa, nari dia bisa, masak dia bisa, olah raga dia bisa, inilah orang tipe Generalis, dia akan sulit ditarik untuk menjadi Spesialis, sementara 4 tipe yang lainnya itu tipe Spesialis, yang akan sulit di tarik ke Generalis.

Lebih jelas tentang Konsep STIFIn anda bisa hadir dan mengikuti Workshop STIFIn Level 1 yang akan mengupas tuntas tentang Konsep STIFIn, sehingga anda akan mengatakan STIFIn Gue Banget setelah mengikuti Workshop STIFIn Level 1, karena anda sudah sangat-sangat paham dan telah mengenal tentang Jati Diri anda yang sebenarnya setelah mengikuti Workshop STIFIn Level 1 ini.

STIFIn juga pernah di undang untuk menjadi pembicara dalam acara Smart FM lainnya, yang membahas tentang Profesi dan Pekerjaan oleh Direktur STIFIn Institute Bapak Andhikaharya, anda bisa mendengarkan rekaman audionya dalam topik Menekuni Profesi atau Pekerjaan.

Pin It

Leave a Comment